Incest

Posted: January 20, 2012 in Kesehatan
Tags: , ,

Apa itu Incest?

Incest adalah kelainan seksual berupa hubungan seksual yang terjadi antara dua orang yang mempunyai ikatan pertalian darah, misalnya ayah dengan anak perempuannya, ibu dengan anak laki-lakinya, atau antar sesama saudara kandung atau saudara tiri.

Jenis-jenis Incest

Incest dibagi menjadi 2 yaitu Incest Sukarela (tanpa paksaan) dan Incest Perkosaan (dengan paksaan)

Faktor penyebab Incest

Pada zaman dahulu raja-raja Mesir Kuno melakukan incest untuk memperbagus kualitas keturunan dan juga menghasilkan keturunan dengan darah yang murni. Ada pula penyebab-penyebab incest sebagai berikut.

  1. Konflik budaya; perubahan sosial yang terjadi begitu cepat, arus globalisasi yang tidak pernah berhenti, masuknya alat komunikasi seperti radio, televisi dan internet menyebabkan orang-orang yang tidak menyeleksi pengaruh yang masuk tidak dapat menahan nafsu birahinya sehingga tidak lagi memiliki akal sehat dalam menuangkan nafsunya.
  2. Kemiskinan; tempat tinggal yang hanya sepetak sehingga dalam rumah tidak ada lagi batas antar kamar tidur orang tua dan anak menyebabkan kegiatan seksual disaksikan oleh seluruh anggota keluarga. Ayah yang tidak mampu menahan nafsu birahinya saat melihat anak perempuannya tidur mudah terangsang. Situasi inilah yang menyebabkan terjadinya incest.
  3. Pengangguran; tidak adanya pekerjaan menyebabkan suami dan istri membanting tulang untuk menghidupi keluarganya. Apalagi dengan kondisi istri yang jarang berada di rumah (menjadi TKW misalnya), tidak menutup kemungkinan anak yang sedang dalam kondisi bertumbuh menjadi sasaran pelampiasan nafsu birahi ayahnya.
  4. Keadaan terjepit, dimana anak perempuan menjadi figur perempuan utama yang mengurus keluarga dan rumah tangga sebagai pengganti ibu.
  5. Kesulitan seksual pada orang tua, ayah tidak mampu mengatasi dorongan seksualnya.
  6. Ketidakmampuan ayah untuk mencari pasangan seksual di luar rumah karena kebutuhan untuk mempertahankan facade kestabilan sifat patriachat-nya.
  7. Ketakutan akan perpecahan keluarga yang memungkinkan beberapa anggota keluarga untuk lebih memilih disintegrasi struktur daripada pecah sama sekali.
  8. Sanksi yang terselubung terhadap ibu yang tidak berpartisipasi dalam tuntutan peranan seksual sebagai istri.
  9. Pengawasan dan didikan orangtua yang kurang karena kesibukan orang bekerja mencari nafkah dapat melonggarkan pengawasan oleh orangtua bisa terjadi incest.
  10. Anak remaja yang normal pada saat mereka remaja dorongan seksualnya begitu tinggi karena pengaruh tayangan yang membangkitkan naluri birahi juga ikut berperan dalam hal ini.

Akibat Incest

  1. Gangguan psikologis, ingin bunuh diri dan sebagainya.
  2. Anak hasil incest sebagian besar mengalami cacat baik secara mental maupun fisik.
  3. Dilabel buruk oleh masyarakat sekitar.
  4. Menjadi sulit percaya dengan orang lain dan tidak memiliki minat terhadap seks.
  5. Menurut riset korban incest pada saat dewasa akan terjerumus ke pergaulan bebas, pemakaian alkohol bahkan melakukan kekerasan terhadap anak.

Cara Mengatasi

  1. Memperkuat iman dengan Tuhan.
  2. Memperkuat rasa empati dengan orang lain.
  3. Mengisi waktu luang dengan kegiatan kreatif yang positif.
  4. Menjauhkan diri dan keluarga dari hal-hal yang berbau nafsu tidak benar.
  5. Memberikan pengawasan dan bimbingan terhadap anggota keluarga.
  6. Memberikan pendidikan seks saat dini.

~ @0zerwz

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s